Sediakan 1.500 Dosis, IAI Riau Bersama PPP dan GPK Gelar Vaksinasi Massal

PEKANBARU – Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) PD Riau bekerjasama dengan DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Riau dan Gerakan Pemuda Ka’bah (GPK) Wilayah Riau menggelar kegiatan vaksinasi massal di Aula Serbaguna Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi (Stifar) Riau yang berada di Jalan Kamboja, Simpang Baru, Kecamatan Bina Widiya, Kota Pekanbaru, Sabtu (25/9/2021).


Ketua IAI PD Riau, Dr Hilwan  Yuda Teruna, mengatakan bahwa kegiatan vaksinasi massal ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial bagi IAI PD Riau sebagai organisasi profesi yang berkaitan dengan kesehatan.

“Ini adalah salah satu bentuk dari implementasi pengabdian organisasi profesi terhadap kesehatan masyarakat. Apalagi Sekolah Tinggi Farmasi ini adalah sekolah yabg terkait dengan kesehatan. Dan kami IAI adalah satu-satunya organisasi yang mencakupi alumninya nanti,” kata Hilwan.

“Saat ini kita turunkan 50 orang yang ada organisasi. Kemudian di tambah dari mahasiswa, jumlahnya lebih dari 100,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua DPW PPP Riau, Syamsurizal, yang juga merupakan Anggota DPR RI Dapil Riau itu mengatakan, kegiatan vaksinasi ini juga merupakan rangkaian dari peringatan hari apoteker se-dunia yang diperingati oleh IAI PD Riau dan Stifar Riau.

“Dalam kondisi yang bersamaan, juga Stifar sedang merayakan hari apoteker se-dunia, jadi kita ambil momen ini untuk melakukan vaksinasi. Kita ambil di kampus, karena selain masyarakat, kita juga bisa melakukan vaksinasi terhadap mahasiswanya,” kata Syamsurizal.

Dia mengatakan, ada 1.500 dosis vaksin yang disediakan dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut. Diharapkan kuota ini dapat mengakomodir seluruh mahasiswa dan masyarakat setempat yang ingin divaksin.

“Kita lihat mahasiswa, pengurus dan masyarakat sangat antusias, dan berarti masyarakat sudah melek bahwa vaksinasi ini sangat penting bagi masyarakat untuk mencegah Covid-19,” ujarnya.

Syamsurizal mengatakan, dalam kegiatan ini juga akan dimanfaatkan oleh kader PPP untuk bersilaturahmi dengan masyarakat guna mengetahui keluhan yang saat ini dihadapi oleh masyarakat.

“Kita memberikan imbauan kepada seluruh DPC PPP dan PW GPK yang ada di Riau untuk melakukan vaksinasi massal, program ini juga untuk membantu pemerintah dalam mendistribusikan vaksin sampai kepada masyarakat,” katanya.

Syamsurizal berharap DPC PPP dan PW GPK lainnya yang ada di Provinsi Riau untuk bisa melakukan hal yang serupa dengan apa yang dilakukan oleh DPW PPP Provinsi Riau dan PW GPK Riau, karena hal ini juga merupakan instruksi dari DPP PPP.

“Setelah vaksinasi pertama ini, nanti akan diusahakan ada vaksinasi yang kedua. Nanti akan kita kerjasama dengan IAI PD Riau dan Stifar Riau,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua PW GPK Riau, Husaimi Hamidi, yang juga merupakan anggota DPRD Riau dari fraksi PPP mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud kepedulian GPK kepada masyarakat.

“Kami hadir bersama Ikatan Apoteker Indonesia, ini sudah kali kedua. Artinya, GPK ini hadir ketika masyarakat butuh. Ini tidak ada hubungannya dengan pemilu, karena pemilu masih lama. Artinya ini bukan kepentingan politik semata, ini dari masyarakat untuk masyarakat,” katanya.

Husaimi mengatakan, pihaknya juga akan mengusahakan vaksin kedua akan dilaksanakan dengan bekerjasama dengan IAI PD Riau dan Stifar Riau kembali.

“InsyaAllah akan kita lanjutkan vaksinasi yang kedua disini juga, dan juga bisa dimanfaatkan bagi masyarakat yang belum vaksin pertama,” ujar Husaimi.

Penulis: Bayu
Editor: Satria

Share this post